iklan banner
YURISTGAMEINIGAMEID101

Domain Apanya Hosting Sih? Kok Harganya Beda-Beda?

Hai para Blogger amatir.. :v Buat kalian yang masih pemula pasti bingung ya Apa itu Domain? Bedanya apa sama Hosting? Kok harganya bisa beda-beda? Siapa sih orang kampret yang ngejual? Hahaha... Maaf sombong dikit ya gan :v Kali ini ane MNColah akan ngebahas itu semua. Tapi sebelum itu baca ini
"Aku tidak punya bakat. MNColah punya banyak sekali bakat. Jika aku beruntuk maka MNColah akan menggosokan laptopnya ke wajahku."
 Gimana? Sudah? Okey, mari kita mulai. Sebelumnya ketahuilah, ini penjelasan versi ke sotoyan saya. Tanpa browsing dan sesuai yg saya pelajari.
Buat para Blogger pemula, tau kenapa domain kalian belakangnya harus blogspot?
Karena kamu mendaftar di blogger. Dan blogger itu adalah website. Di dunia cyber, ada dua jenis web.
*Website *Webblog/Blog
Ibaratnya nih, Website itu induknya blog. Kalau kamu bisa bikin web, kamu bisa bikin banyak blog. bahkan blog bukan cuma untuk kamu. Tapi untuk banyak orang. Misal suatu saat saya bikin web bernama MNCOLAH.COM. Dan web itu menyediakan pacar blog gratis buat kalian, nanti kalian bisa bikin blog dengan sub domain punya colah. namamu.mncolah.com. Tapi sayangnya, sebagai sesama amatir, saya cuma bisa bikin sub domain menjadi satu. seperti blog.mncolah.com. itu misal lho... Nah agak ngerti kan apa bedanya blog sama web?

Sekarang bagaimana cara kerja web?

Web itu sendiri bikinnya bukan asal Sign Up trus ngisi data trus upload template kelar. Gak semudah udelmu bro...
Bikin web, itu adalah bikin kerangka seluruh web. Jadi ibaratnya, web itu sebuah gambar/poster yang bisa di klik dan diarahkan. Dan Web itu cenderung statik. Lu gak akan bisa posting.
Jadi, web itu cuma sekedar satu tampilan yang tetap, yang disimpan di dalam sebuah hosting. Nah, ini lho yang disebut hosting. Untuk nyimpen file2 web kamu biar bisa diakses banyak orang. Dan hosting inilah yang biasa dijual di Internet2.
Sebetulnya, bikin web gak perlu beli kok. Bikin dikomputer sendiri bisa pake program XAMPP.
Tapi ya... itu cuma diakses lokal. Cuma komputer kamu, dan komputer yang terhubung dengan komputermu pake LAN atau TP-Link yang bisa liat web kamu.
Jadi kalo hosting kan desain webnya kamu upload di situs penyedia hosting, kalau hostingnya pake LAN, kamu simpennya di Local Disk C. biasanya gitu...
Ngaksesnya pake browser juga bisa. Tapi gak perlu pake WWW. Cukup tulis IP komputer servermu yang kamu pake bikin web.
Kalo standardnya setelah instal XAMPP sih 127.0.0.1
Nah... nanti jaringan yang terhubung ke komputermu bisa liat dengan membuka ke IP itu. Tapi, syaratnya komputer harus saling hidup. Kalo mati ya gak bisa diakses.
Sama kayak facebook. Mereka punya komputer server yang hidup terus. Kalo mati ya gak bisa dibuka. Makanya diperlukan hosting. Karena hosting itu sebuah komputer jarak jauh yang selalu hidup sehingga bisa dibuka setiap saat.

Perlu kamu ketahui!

Sebenernya lho gan... Ni buat pemula yang gak ngerti aja. Semua website di internet yang sering kita akses itu, bisa kita akses pake alamat IP lho...
Malah sebenernya yang dinamakan web itu ya cara ngaksesnya pake angka-angka 4 digit itu. Misalnya google bisa dibuka dengan membuka alamat 8.8.8.8
karena itulah IP google. Pasti bertanya kok bisa jadi Google.com?
Itulah yang disebut DNS atau Domain Name Server. Istilahnya Ganti nama Domain. Nah... Ini lho yang disebut Domain... Beda jauh to?
Terus ini yang paling membingungkan. Kenapa harganya bisa beda-beda?
Jawabannya ini saya juga baru tau gan... Jadi, beberapa situs penyedia hosting itu beli di Server luiar negeri sana. Itu gak gratis. Modalnya bisa sampe 10 Juta. Yaa yang murah sih ada. Anggap saja 10 juta, dapetnya 500 Gb hardisk yang bisa diakses melalui Online. Jadi mereka gak perlu junjung tuh hardisk dan ngidupin komputer terus. Terus, kenapa harganya beda-beda?
Itu sih suka-suka dia. Dia ngeluarin 10 juta masak dibagi-bagiin di Sahur On The Road kan gak lucu. Karena itulah mereka ngejual dengan harga bervariasi.
Jadi misal beli 500GB, 100 Gbnya dipake sendiri bikin web hosting, yang sisannya, dijual kepada calon pembeli. Sistim jual domain juga gitu gan... Tapi bakalan lama kalau bahas Domain. Dan inilah kesotoyan saya. Semoga penjelasan yang gak formal ini bisa masuk ke akal kalian. :D

About Author

Related Post

9 comments

avatar
avatar
avatar

Baru tau nih kalo domain sebenarnya berupa 8.8.8.8 atau sejenisnya .. lebih mirip ip adress ya.

Balas
avatar

Penjelasan yg singkat dan lumayan dimengerti bro :)

tambahan aja sih, blog itu juga termasuk website. Kenapa namanya blog? ya sperti fungsinya, blog itu di fungsikan hanya untuk menampilkan konten website yg isi hanya tulisan atau artikel yg dibuat si pemilik web.
Nah jdi intinya jika seseorang ingin membuat website, harus menentukan dulu website jenis apa yg akan dibuat.
Apa website toko online shop, website community (seperti kaskus atau wni.co) atau webblog (lebih dikenal blog).
Jika ada org bilang "gue mau bikin website ah" nah perlu ditanyakan, website jenis apa yg mau dibuat. hhehehe

Btw, mampir dan kalau bisa join di website file sharing ane ya :)
aChepy File Sharing
Layanan tempat menyimpan file untuk di share ke blog atau jejaring sosial ;)

Balas
avatar
avatar

ternyata bisa buat hanya untuk diri kita sendiri.. ooo baru tau ... Thanks banyak gan for ilmunya ...

Balas
avatar

Lagi Iseng baca dan mampir ke sini saja.Saya sudah ngerti dikit tetantang hal begituan(diatas).

Balas
avatar

Thanks infonya gan! Kunbal ya
Jasa Pengiriman Barang goo.gl/00vD5x

Balas
avatar

Kamu Pakai Adblock (Anti Iklan)?

Maaf, harap jangan menggunakan Adblock (Anti Iklan) untuk mendukung situs ini tetap berjalan.

Dengan mematikan Adblock (Anti Iklan) berarti kamu telah bersedekah kepada kami.

Terimakasih banyak. ^_^