iklan banner
YURISTGAMEINIGAMEID101

Histats Statistik Pengunjung Blog Terbaik Dan Cara Mendaftarnya



Kali ini saya akan mnengulas tentang statistik blog terbaik tahun 2015 dan mungkin akan menjadi 2016. Tentu saja saya membuat artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi saya. Dan alasan kenapa histats yang terbaik akan saya jelaskan disini. Namun sebelum itu, mari kita pelajari dulu apa itu statistik blog.

Statistik blog adalah jumlah kunjungan baik berupa visitor (orang) maupun page view (halaman yang dibuka). Jadi statistik terbaik menurut saya sendiri adalah yang memberi tau kita secara lengkap bukan secara detail. Mari kita bahas salah satu statistik blog yang paling populer dikalangan blogger.

1. Blogger Statistik (BS)



Blogger statistik adalah pencatat kunjungan di blog kita meskipun tanpa memasang widget. Yang dapat ditampilkan BS hanya berupa pageview. Bukan visitornya. Artinya berapa kali halaman itu dibuka, dan bukan berapa orang yang membukanya. Page view dilihat berdasarkan hari, jam, bulan, dan tahun. Dan pageview harian akan reset otomatis tiap 24 jam tergantung jam berapa blogger anda didaftarkan. Selain itu, BS juga menampilkan jumlah negara yang mengakses situs itu, dan juga browser serta OS yang digunakan. Namun sayangnya hanya berupa persen. Ini merupakan kekurangan yang banyak bagi saya. Selain itu juga menampilkan jumlah tayangan perpostingan meskipun tidak jelas siapa yang mengaksesnya. Cara memasangnya pun mudah. Cukup tambahkan melalui tata letak

2. Google Analytic (GAn)



Selanjutnya ada Google Analytic yang dinilai lebih lengkap. Karena selain fitur diatas, GA juga bila melihat apakah pengunjungnya laki-laki atau perempuan, dan juga ketertarikannya terhadap apa minatnya. Ya, cukup bagus sih. Sayangnya lagi-lagi dalam jumlah persentase. Selain itu kekurangannya ada pada tanggal yang ditampilkan kurang akurat. Misalkan sekarang sudah tanggal 19 tapi masih tampil 15. Pokoknya kurang memuaskan. Gak bisa dilihat perhari. Tapi GA ini wajib gan. Soalnya bisa untuk daftar Google Adsense. Jadi biasanya GAn ini adalah wajib bagi yang ingin punya blog berpenghasilan. Cara daftarnya sih memang sedikit sulit.

> Buka link <Google Analytic>.
> Setelah itu login dengan akun blog agan. Atau "buat akun"
> Terus isi dengan data blog agan.
> Setelah sudahn terdaftar, akan ada keterangan kode Analytic blog.
> Masukan kode itu kedalam blogger di Setting ==> Lainnya ==> ID Properti Web Analytics.
> Save dan selesai.

Oh iya, GAn tidak bisa ditampilkan di widget blog. Hanya pemilik yang bisa melihat trafiknya.

3. Histats


Sekarang yang paling baik menurut saya adalah Histats. Kenapa histats terbaik? Karena Histats menunjukan visitor dan pageview baik dalam hitungan detik secara langsung, maupun hari hingga tahun. Selain itu hasil yang ditampilkan tidak hanya jumlah, melainkan juga per IP Address.

Misalkan seorang pengunjung ber IP Address 192.168.xxx.xxx berasal dari negara Indonesia, ada keterangan kotanya juga, Browser dan OS apa, terus tau situs blog kamu dari mana. Misalkan dari Google Search setelah memasukan keyword "Histats Statistik Pengunjung Blog Terbaik Dan Cara Mendaftarnya" dan mengakses link dengan url blog ini, beserta jamnya. Bukan hanya itu, tetapi juga akan ditampilkan halaman apa saja yang dia buka dan akan menjadi log blog anda sendiri. Keren bukan?

Selain itu masih banyak fitur lainnya yang lebih baik anda coba sendiri satu persatu. Tampilanya memang kuno, namun lebih ringan dan mudah dipahami dibanding GAn. Cara mendaftarnya njuga mudah. Cukup daftar, isi data, dan pasang script di blog. Bisa berupa widget, maupun widget Hidden.

Saya kira agan sudah pintar untuk mendaftarnya. Tinggal klik register di link daftar Histats disini ==> Histats tinggal skipp add dan klik register.

About Author

Related Post

31 comments

avatar

. izin bookmark min. infonya brmanfaat nanget

Balas
avatar
avatar

thanks gan infonya mau coba dulu tuh yang Histats :)

Balas
avatar
avatar
avatar

izin cobabro. thank infonya

Balas
avatar

ko link daftar ke histats mati

Balas
avatar

Waah baru tau ada hitstat. Selama ini ane cuma pake Blogger stats aja. Thanks Gan!

Balas
avatar

ane blm satupun menerapkannya gan..

Balas
avatar

mantap gan ijin bookmark gan nanti ane pelajari nice info gan

Balas
avatar

wow,,,,,ini yang kucari akhirnya ketemu disiini heheheheh

Balas
avatar

Bisa kok gan.. Klik aja tulisan histats trus skipp add :)

Balas
avatar

Bener sob, Histats memnag terbaik

Balas
avatar
avatar
avatar

Dibokmark dulu, nice post mas

Balas
avatar

klu mnrd ane paling keren ya GA, coba agan lihat di flippa, trafik dari histat ga diakui di sana, yang diakui trafik dari GA. Tp ga tau juga dink, wong ane masih newbie..

Makasih ya gan, udh share ilmu..

Balas
avatar

artikel sangat bermanfaat, thanks bro...

Balas
avatar

Saa mah percaya sama analitic aja,

Balas
avatar
avatar

iya, Histats lebih akurat .... aku juga pake ini kok di web ku hhehehe

Balas
avatar

keren infonya, ane juga udah pasang histats dari seminggu yg lalu

Balas
avatar

klo bukan blog baru bisa tetap dipasangi histats ya gan?
perhitungannya mulai dari pemasangan, atau dari awal blog dibuat?

Balas
avatar

bermanfaat gan,, nice post

Balas
avatar

berapa tahun lagi blogku kayak gtu ya.

Balas
avatar
avatar

Kalau di blogku sengaja nggak aku pasang statistik. Menurutku script yang ditambahkan sebagai kode pelacak itu menambah http request, terkadang scriptnya juga autogenerated sehingga membuat lebih lama loading blog walau sepersekian mili sekon. Cuman biasanya aku melihat statistik dari Google Search Console (Google Webmaster) doang sih.

Balas
avatar

Emang beda jauh ya perbandingan statistik di dashboard sama di histats. :3
Ada ga selain Histats? kecuali 2 itu

Balas
avatar
avatar

Baru tau ada yang kaya gini, biasanya sih ane cuman pake yang bawaan aja gan yang di blogger itu waktu awal heheh maklum lah anak baru. Nanti saya coba deh gan..

http://www.RiseOfBlogger.blogspot.co.id

Balas
avatar

artikel nya bagus gan.....salam yah :)

Balas

Kamu Pakai Adblock (Anti Iklan)?

Maaf, harap jangan menggunakan Adblock (Anti Iklan) untuk mendukung situs ini tetap berjalan.

Dengan mematikan Adblock (Anti Iklan) berarti kamu telah bersedekah kepada kami.

Terimakasih banyak. ^_^